Selasa, 06 September 2011

NOS adalah gas Nitrous yang kandungan oksigennya lebih banyak dari udara biasa.

Adapun cara penggunaan untuk pemasangan di mobil :

* tombol NOS ditekan.

* gas nitrous dari botol tercampur dengan bensin.

* masuk ke ruang pembakaran lewat intake.

* menghasilkan ledakan yang lebih bertenaga.

Bisa menambah tenaga mesin sebesar HP 50++. Sangat berbahaya kalau dipakai berturut- turut karena bisa mengakibatkan kerusakan mesin apabila part-part dalam mesin tidak kuat.

Nitrous yang nama bekennya dari N2O ini sering disamakan dengan NOS atau Nitrous Oxide System. Sebetulnya NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company. Nitrous ini, apapun merknya prinsip kerjanya sama. Nitrous yang mengandung N2O ini kondang dipakai di ajang balap terutama drag race dan tuning di modifikasi mesin.

Cara kerjanya, Nitrous yg berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepat menguap di tekanan atmosphere. Senyawa ini yang masuk ke combustion chamber kemudian pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen. Kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi setengah kadar oxygen di udara, bercampurnya oxygen ini dengan senyawa hidrokarbon yang selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol ini menghasilkan tekanan kompresi yang mendongkrak tenaga mesin dalam waktu instan selama nitrous ini masih berada di chamber.

Peranan nitrogen disini adalah sebagai pendingin, kompresi dan output tenaga yang instan ini bakal menghasilkan panas yg meningkat instan juga membuat.struktur diatomik nitogen di N2 ini sangat stabil sehingga boost besar pun terjadi.

Penggunaan purge valve yang sering dikatakan ”keren” ini sebetulnya ada gunanya. Purge valve ini fungsi utamanya sebagai alat pembuang angin di saluran. sehingga nitrous langsung berada di selenoid.

Tipe pemasangan NOS antara lain:

1. Wet system

Pemasangan diantara manifold dan throttle body. atau single nozzle di saluran intake. Pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system. Pemasangan ini relatif paling simple dan setingan lebih mudah.

2. Dry system

Pemasangan ini membutuhkan ekstra injektor untuk bahan bakar. Pemasangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. Pemasangan dan settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. Caranya bisa dengan mengakali MAF sensor. Nozzle ini biasanya diset pada sudut 90 derajat.

3. Direct port system

Pemasangan yang paling rumit. ini membutuhkan pengeboran di manifold. Pemasangan yang langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. Cuma nozzle yang bercampur bahan bakar + nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. Ada lagi jenis direct system yang multi-point. Ini menghasilkan tenaga paling besar.Nitrous disalurkan memalui 1 nozzle untuk 1 cylinder.Ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yang lebih besar.

4.Plenum bar Tipe lain dari sistem ini adalah plenum bar system. Pada sistem ini, dipasangkan beberapa spraybar didalam plenum-plenum intake manifold. Sistem Plenum bar biasa digunakan dalam direct port systems dengan sistem multi-stage.

5.Propana atau CNG

Hal ini dimungkinkan untuk menggabungkan penggunaan nitrat dengan bahan bakar gas seperti propana atau gas alam terkompresi. Ini memiliki keuntungan karena sistem kering dan namun masih mempertahankan udara yang tepat / campuran bahan bakar. Sistem semacam itu membutuhkan pilihan yang tepat dari ukuran jet dan regulasi gas tekanan untuk memberikan tekanan yang konsisten ke jet. Keuntungan lainnya termasuk udara yang lebih baik / pencampuran bahan bakar dan distribusi dan resiko yang kecil dari pengetukan karena peningkatan oktan propana dan CNG.

Selain tipe-tipe sistem di atas, ada juga tipe lain,salah satunya adalah multi-point system.
Multi-point system merupakan tipe nitrous system yang paling kuat, dengan penempatan nozzle pada setiap runner, dan juga kemampuan untuk menggunakan pompa solenoid dengan kapasitas lebih tinggi. Wet multi-point kits dapat menghasilkan 3,000 dk (2,400 kW). Sistem ini juga merupakan sistem yang paling mahal dan kompleks, yang memerlukan modifikasi mesin yang signifikan. Sistem ini paling sering digunakan pada kendaraan balap yang khusus dibuat untuk menghadapi level tenaga yang sangat tinggi.

Masuknya nitrous ini lewat selenoid dan fogger, jenisnya pun beraneka ragam. Pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan dan tenaga instan. Banyak perubahan yang terjadi di mesin untuk pemakaian ini. Salah satu yang perlu diketahui, penambahan tenaga ini identik sama panas mesin, identik juga dengan kenaikkan kompresi. Kenaikkan kompresi inilah yang bisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

Buat mobil Natural Aspirated, dimana kompresi mesin sudah tinggi, disarankan untuk tidak memasang nitrous, karena sangat fatal buat mesin. Hanya settingan rendah yang dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

Buat mobil forced-induction, baik turbo maupun supercharged, pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana mesin natural aspirated. Walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naik drastis. Ini menghasilkan lonjakan tenaga yang besar.

Disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal kalau tidak disertai timing setting yang tepat. Boost yang tinggi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mesin rusak, seperti head, valves. piston, conrod bahkan sampai crankcase kalau berlebihan. Ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin tidak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yang dihasilkan nitrous.

Pemasangan nitrous, apapun tipe dan mereknya. harus dipasang oleh orang yang mengerti dan ahli. Ada beberapa merek nitorus yang sudah terkenal seperti NOS, NX express, VENOM. VENOM merupakan salah satu merek termahal , dikarenakan sudah dilengkapi dengan modul untuk mengatur settingan nitrousnya .


pic buat system2 NOS




Spoiler for Dry sistem kit:



Spoiler for Wet sistem kit:



Spoiler for Direct Port kit:






Pengaplikasian nos


Spoiler for motor:



Spoiler for Pimpin car:



Spoiler for instalasi plenum bar kit:




Spoiler for sistem pada ford f350:



Spoiler for NOS sistem toyota supra:



Spoiler for nos:




Spoiler for motor ATV:



Spoiler for Purge nitrous..ini kaya yang dipake di 2 fast 2 furious tepatnay di skyline:



Spoiler for keretakan piston akibat pemakain NOS berlebihan:


SEMOGA BERMANFAAT. MAAF KALAU REPOST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar